Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artikel Profil Monarch Bali dan Monarch Bali Candidasa

Diploma merupakan salah satu pilihan pendidikan tinggi setelah lulus SMK/SMA selain sarjana. Untuk rentan waktu kuliahnya juga singkat antara 1 tahun - 4 tahun.

Pendidikan tinggi diploma pun lebih banyak ke praktek ketimbang teori, yang merupakan kebalikan dari pendidikan tinggi sarjana.

Salah satu sekolah tinggi diploma terbaik di bali adalah Monarch Bali, yang telah mendirikan cabang di berbagai daerah di bali, seperti di Dalung, Karangasem, Negara, Singaraja, dan Gianyar.

Dan berikut adalah profil Monarch Bali dan Monarch Bali Candidasa.

Logo momarch bali
Kampus Monarch Bali


1. PROFIL MONARCH BALI

Bapak I Nengah Yasa Adi Susanto, S.H , seorang pahlawan devisa sekaligus pendiri Yayasan Widhi Sastra dan Komisaris PT. Mitra Adi Artawan.

Dulu sebelumnya beliau adalah seorang Walker atau penjaga Restaurant pada malam hari di salah satu Restaurant di Candidasa, sampai menjadi Security di hotel bintang lima Nikko Bali Resort & SPA.

Niat bekerja di kapal pesiar mulai tumbuh setelah teman sejawatnya yang sama - sama ikut jadi Pre Opening Team di Nikko mengundurkan diri dan bekerja di Kapal Pesiar.

Karena bimbang antara jadi Guide Jepang atau bekerja di Kapal Pesiar, akhirnya beliau memutuskan untuk melanjutkan kuliah singkat perhotelan di salah satu lembaga di Renon dan mengikuti Cross Training di hotel Nikko Bali. Akhirnya pada tahun 1988 beliau memberanikan diri melamar di Kapal Pesiar sampai 3x gagal, dan yang ke-4 kalinya akhirnya beliau di terima sebagai Bar Waiter di kapal Celebrity Cruises selama 10 tahun dengan posisi terakhir sebagai Sommelier.

Dengan berbekal ilmu dan pengalaman, beliau mendirikan kampus Monarch Bali yang merupakan tempat pelatihan perhotelan dan kapal pesiar sejak tahun 2009, dengan kampus pertamanya Monarch Dalung.

Kemudian pada tahun 2011 Monarch Bali mendirikan kampus lagi di Kabupaten Karangasem, Singaraja dan Gianyar yaitu monarch Candidasa, Monarch Gianyar dan Monarch Singaraja. Dan terakhir pada tahun 2012 Monarch Bali  Kembali Mendirikan kampus lagi di Negara yaitu Monarch Bali Negara. Jadi ada total 5 kampus Monarch yang sudah berdiri di Bali.

Selain memberi pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan , Yayasan Widhy Sastra juga membantu para mahasiswa/lulusannya untuk bekerja di Kapal Pesiar maupun perhotelan.

Adapun visi misi Yayasna Widhi Sastra Nugraha adalah untuk menjadi lembaga yang kreatif dan inovatif di bidang pariwisata serta berorientasi pada pengembangan sistem manajemen dengan misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berbasis kreatif sehingga memiliki daya saing yang tinggi.
  2. Mengembangkan program pendidikan dan pelatihan yang inovatif sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.
  3. Meningkatkan kualitas SDM melalui program pengembangan diri sehingga memiliki pola pikir kreatif dan inovatif.
  4. Melaksanakan sistem manajemen mutu sebagai bentuk aplikasi dan komitmen di dalam mengembangkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas, kerjasama serta kemitraan dengan pemerintah, lembaga pendidikan dan pelatihan, Industri Nasional dan Internasional.

2. MONARCH BALI CANDIDASA

Monarch Bali Candidasa merupakan kampus pelatihan perhotelan dan kapal pesiar yang berlokasi di JL. Samuh, Candidasa, Karangasem yang didirikan pada tahun 2011 oleh Yayasan Widhi Sastra Nugraha setelah Monarch Bali Dalung.

Untuk saat ini Monarch Bali Candidasa didirektori oleh I Wayan Gede Darmawan, S.E.,CHA di bantu oleh rekannya I Putu Gede Adi Suparta.S.E, M.M sebagai wakil Direktur.

Untuk Monarch Bali Candidasa sendiri memiliki 5 program pendidikan 1 tahun, 2 program pendidikan 2 tahun dan Culinary Course.

Program pendidikan 1 tahun (Certificate III) Untuk:

  1. Administrasi Bisnis
  2. Tata Hidang
  3. Tata Boga
  4. Tata Graha
  5. Dan Bar

Sedangkan program pendidikan 2 tahun (Certificatr IV) untuk:

  1. Devisi Makanan dan Minuman
  2. Dan Devisi Akomodasi Kamar

Selain dua program pendidikan tadi, Monarch Bali Candidasa juga membuka program kursus diantaranya:

1. Kursus Culinary

Program ini telah di desain secara spesifik untuk menghasilkan cheft prifesional pada bidang culinary. Program ini berfokus pada implementasi dan inovasi kreatifitas praktek.

Kurikulum secara konsisten terintegrasi dengan kebutuhan industri, di optimalkan pada dasar food handling, safety technique, planing & production, dan Nutrition menu planing.

2. Kursus SPA

Program SPA Course merupakan teknik perawatan tradisional bali yang menjadi trend saat ini. Instruktur program SPA Course merupakan individu profrsional yang memiliki pengalaman di industri SPA baik di dalam dan luar negeri serta memiliki sertifikat di bidang SPA dari badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Didalam kampus juga ada berbagai macam fasilitas lengkap mulai dari lab praktik masing - masing program, perpustakaan, kantin, dan fasilitas lainnya yang mendukung proses pendidikan dan pelatihan.

Posting Komentar untuk "Artikel Profil Monarch Bali dan Monarch Bali Candidasa"