Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Microphone Hp Yang Tidak Bisa Merekam Suara/Tidak Berfungsi

cara memperbaiki microphone hp yang rusak

Hy, selamat datang di blog saya. Di postingan kali ini saya akan  berbagi solusi atau cara yang berkaitan tentang microphone hp/mic hp yang mengalami error , dimana saat kita merekam suara, saat voice chat, atau saat menelephone seseorang suara kita tidak bisa di dengar oleh si penerima telpon tersebut.

Kemarin saya juga mengalami hal seperti itu, dimana waktu itu saya mau nyoba aplikasi recorder layar. Pas saya coba hasil rekamannya tidak merekam suara saat saya record. Aneh kan?? padahal saya sudah setting itu recorder biar bisa rekam suara.

Sudah saya coba ulang ngerecord, selain itu saya juga coba rekam suara memakai perekam suara bawaan dan saya juga coba voice chat di WA hasilnya tetap sama, tidak ada suara alias bisu.

Saya pikir hp yang saya pakai rusak, karena kemarinnya sempat di pegang sama bocah. Entahlah, sayapun cari cara buat mengatasi masalah mic yang tidak berfungsi itu.

Cara Untuk Memperbaiki Microphone Hp Yang Tidak Berfungsi 

Banyak sekali cara yang saya temukan dan saya coba satu persatu, di antaranya:
  1. Mematikan power/daya hp setidaknya selama 5-10 menit.
  2. Menghapus aplikasi yang mencurigakan/aplikasi yang di download dari luar play store
  3. Mengaktifkan fitur singkron microphone pada hp.
Ketiga cara tersebut sudah saya coba dan hasilnya tetap sama.

Dua hari sudah berlalu hp saya tetap saja tidak bisa merekam suara, dan kemudia saya coba cari cara lain, dan ketemu sama salah satu artikel yang menyarankan buat melakukan factory reset/mengembalikan hp ke pengaturan pabrik (saya lupa nama situsnya).

setelan atau pengaturan pabrik hp
Setelan pabrik

Dan hasilnya bekerja , sekarang hp saya bisa merekam suara lagi atau microphone hp android yang tadinya rusak atau tidak berfungsi akhirnya berfungsi kembali.

Ternyata penyebab mic hp saya tidak berfungsi karena adanya bug sistem atau ada masalah pada sistem hp android yang saya pakai. Tadinya saya kira micnya yang rusak.

Untuk lokasi "Kembali ke setelan pabrik" itu berbeda - beda tergantung merek hp yang di pakai. Terkadang ada di pengaturan keamanan, atau ada di lokasi paling bawah pengaturan ponsel.
Kamu bisa coba cara diatas buat memulihkan mic hp kamu yang tidak berfungsi, jika cara diatas tidak bekerja sudah di pastikan hp yang kamu miliki microphonenya rusak. Jadi, menurut saya cuma ada 2 solusi antara lembiru atau bawa ke konter. Wkwkwkwk


Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Microphone Hp Yang Tidak Bisa Merekam Suara/Tidak Berfungsi"